Opening

Rabu, 10 April 2013

Pengertian Kurikulum


Kurikulum dalam arti sempit adalah jumlah mata pelajaran yang harus dituntaskan oleh siswa untuk mendapatkan ijazah,ijazah menggambarkan tingkat kemampuan. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa di zaman sekarang, ijazah tidak dapat dijadikan alat ukur untuk tingkat kemampuan seseorang,  karena ijazah bisa saja direkayasa hasilnya.
Kurikulum dalam arti luas adalah bukan hanya jumlah mata pelajaran tetapi bagaimana guru atau pihak sekolah mendorong siswa untuk belajar di dalam maupun di luar lingkungan
sekolah. Dalam artian, bahwa siswa bukan hanya mendapatkan materi yang sekedar menggambarkan, Tetapi siswa mampu melihat atau merasakan langsung di kehidupan nyata. Sehingga siswa mampu  untuk lebih memahami apa yang dipelajarinya.selain itu, sumber belajar bukan hanya pada buku dan guru. Tetapi dapat diperoleh di lingkungan luar, seperti masyarakat,media,dan pengalaman.
Dari kedua pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa:
1.      Kurikulum memuat isi dan materi pelajaran
2.      Kurikulum sebagai rencana pembelajaran
3.      Kurikulum sebagai pengalaman belajar
Kurikulum dikembangkan berlandaskan :
1.      Tujuan filsafat dan pendidikan nasional
2.      Sosial agama dan budaya dan agama yang berlaku dalam masyarakat
3.      Perkembangan peserta didik
4.                  Keadaan lingkungan
5.                  Kebutuhan pembangunan
6.                  Perkembangan IPTEK
Dalam hal ini, kurikulum dikembangkan dan selalu mengalami perubahan karena disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

2 komentar:

  1. isi bagus,, tp kerna terlalu bnyak widgetnya, jd risih bcanya.. mf ya klo terllu brkomntar...

    BalasHapus