Opening

Selasa, 02 April 2013

Definisi Kebudayaan menurut beberapa ahli kemudian mengemukakan asumsi

1.      Dibawah ini merupakan definisi kebudayaan menurut beberapa ahli, yaitu :
a.       Prof. Dr.Koentjaraningrat
Kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar.
b.      Ki Hajar Dewantara
Kebudayaan adalah hasil perjuangan manusia terhadap dua pengaruh kuat, yakni zaman dan alam
yang merupakan bukti kejayaan hidup manusia untuk mengatasi berbagai rintangan dan kesukaran didalam hidup dan penghidupan yang guna mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang pada lahirnya bersifat tertib dan damai.
c.       Edward B. Taylor
Kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang didalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat oleh seseorang sebagai anggota masyarakat.


2.        Dari definisi kebudayaan diatas yang dikemukakan oleh beberapa ahli, saya dapat memberikan asumsi bahwa kebudayaan adalah suatu hasil pemikiran, usaha manusia yang sangat kompleks baik itu gagasan, tindakan, perjuangan yang didalamnya terkandung pengetahun, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat dan kemampuan-kemampuan lain.

Kebudayaan meliputi gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia dimaksudkan seperti cara bertutur kata  dengan orang lain dan arsitektur bangunan bambu runcing di Pangkep  sehingga semua itu dikatakan ssebagai kebudayaan. Bahkan cara kita berjalan atau makan yang berbeda dari satu tempat ketempat lain itu pun termasuk kebudayaan. Contoh lain adalah penggunaan sendok dan garpu ketika makan oleh masyarakat barat, akan berbeda dengan masyarakat timur tradisional yang langsung menggunakan tangan.

Pendapat salah satu ahli diatas yang mengemukakan bahwa dalam kebudayaan ada dua pengaruh yang sangat kuat, yaitu zaman dan alam, maksudnya kebudayaan terbentuk sebagai tanda bahwa manusia tersebut berhasil melalui kesulitan dan rintangan dalam hidup dan menjadi bagian dalam suatu kelompok masyarakat. Kebudayaan sangat beranekaragam menjadi suatu kebanggaan sekaligus tantangan untuk mempertahankan serta mewarisi kepada generasi selanjutnya. Namun, seiring berkembangnya zaman, menimbulkan perubahan pola hidup masyarakat yang lebih modern. Akibatnya, masyarakat lebih memilih kebudayaan baru yang mungkin dinilai lebih praktis dibandingkan dengan budaya lokal. Banyak faktor yang menyebabkan budaya lokal dilupakan dimasa sekarang ini, misalnya masuknya budaya asing. Masuknya budaya asing kesuatu Negara sebenarnya merupakan hal yang wajar, asalkan budaya tersebut sesuai dengan kepribadian bangsa. Namun pada kenyataannya budaya asing mulai mendominasi sehingga budaya lokal mulai dilupakan. Faktor lain yang menjadi masalah adalah kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya peranan budaya lokal. Budaya lokal adalah identitas bangsa. Sebagai identitas bangsa, budaya lokal harus terus dijaga keaslian maupun kepemilikannya agar tidak dapat diakui oleh negara lain.

Jadi tugas utama kita sebagai rakyat Indonesia adalah mempertahankan, melestarikan, menjaga, serta mewarisi budaya lokal dengan sebaik-baiknya agar dapat memperkokoh budaya bangsa yang akan mengharumkan nama Indonesia. Dan juga supaya budaya asli Negara kita tidak diklaim oleh negara lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar