Opening

Jumat, 10 Oktober 2014

Ekonomika Lingkungan


Ekonomika lingkungan telah didefinisikan sebagai ilmu studi tentang dampak yang tidak diinginkan atau tidak diketahui dari adanya suatu pilihan tentang penggunaan sumber daya alam. Yang menjadi tantangan para ahli ekonomi adalah definisi tersebut menunjuk pada deretan pilihan yang harus diputuskan oleh pengambil keputusan.
Pilihan tersebut misalnya antara keperluan yang tidak ada habisnya untuk menyediakan kebutuhan pangan dan keperluan untuk memelihara, melestarikan, dan menciptakan suatu kualitas kehidupan tertentu. Namun sampai dengan terpenuhinya kebutuhan dasar seperti pangan, perumahan,
pendidikan dan kesehatan, maka pertimbangan terhadap kondisi lingkungan yang baik sering masih terlupakan.
Berkembangnya waktu dan peradaban serta meningkatnya pembangunan untuk kesejahteraan manusia, ternyata menurunkan fungsi/peranan lingkungan dari waktu ke waktu.Hal ini tergambar dari beberapa kondisi sebagai berikut :
1.  Berkurang dan langkanya jumlah bahan mentah yang disediakan lingkungan    alami
2. Berkurangnya kemampuan alam untuk mengolah limbah, karena limbah yang terbuang dan harus   ditampung lingkungan alami melebihi daya tampungnya.
3.  Semakin berkurangnya kemampuan alam menyediakan kesenangan dan kegembiraan langsung, karena banyak sumberdaya alam dan lingkungan yang telah diubah fungsinya atau karena meningkatnya pencemaran.
Kita memehami bahwa produksi limbah dan keperluan akan pengelolaan limbah dan lingkungan merupakan hasil langsung dari adanya produksi barang dan jasa. Selanjutnya produksi barang dan jasa serta limbah tersebut seperti telah disebutkan di depan berhubungan langsung dengan proses pertumbuhan ekonomi , yang apabila tidak disertai dengan pengelolaan limbah yang memadai akan timbullah keadaan yang mengakibatkan adanya pencemaran dan memburuknya lingkungan yang pada gilirannya mengganggu pertumbuhan ekonomi tersebut. Pengurasan sumber daya alam juga tidak hanya terjadi terhadap kuantitasnya tetapi dapat pula terhadap kualitasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar