Berbagai
jenis strategi Belajar Mengajar dapat dikelompokkan berdasarkan berbagai
pertimbangan, antara lain:
1. Atas dasar pertimbangan
proses pengolahan pesan.
Dengan Strategi
Deduktif materi atau bahan pelajaran diolah dari mulai yang umum, generalisasi
atau rumusan, ke yang bersifat khusus atau bagian-bagian. Bagian itu dapat
berupa sifat, atribut atau ciri-ciri. Strategi. Deduktif dapat digunakan dalam
mengajarkan konsep, baik
konsep konkret maupun konsep terdefinisi.
2.
Atas dasar pertimbangan pihak pengolah pesan.
Strategi
Belajar Mengajar Ekspositorik, yaitu suatu strategi belajar mengajar yang
menyiasati agar semua aspek dari komponen pembentukkan sistem intruksional
mengarah pada penyampaian isi pelajaran kepada siswa secara langsung. Dalam
strategi ini tidak perlu mencari dan menemukan sendiri fakta, prinsi dan konsep
yang dipelajari. Semuanya telah disajikan guru secara jelas melalui aspek-aspek
dari komponen yang langsung behubungan dengan para siswa pada waktu proses
pembelajaran berlangsung.
3.
Atas Dasar Pertimbangan Pengaturan Guru
Seorang guru
mengajar kepada sejumlah siswa.Pengajaran Beregu dapat digunakan di dalam mengajarkan
salah satu mata pelajaran atau sejumlah mata pelajaran yang terpusat kepada
suatu topik tertentu.
4.
Atas Dasar Pertimbangan Interaksi Guru dengan
Siswa
Strategi Tatap
Muka. Akan lebih baik dengan menggunakan alat peraga.Strategi Pengajaran Melalui
Media. Guru tidak langsung kontak dengan siswa, akan tetapi guru “mewakilkan”
kepada media. Siswa berinteraksi dengan media.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar